AMFOL17
A17OTE
today : | at : | safemode : ON
> / Home / Facebook / Twitter / Kaskus /
name author perms com modified label

Pengertian Kapasitor Achmad Miftah Fahmi rwxr-xr-x 0 7:10 PM

Filename Pengertian Kapasitor
Permission rw-r--r--
Author Achmad Miftah Fahmi
Date and Time 7:10 PM
Label
Action
Kapasitor atau kondensor adalah komponen elektronika yang dapat menyimpan energi listrik dalam bentuk muatan listrik selama selang waktu tertentu tanpa disertai adanya reaksi kimia.
Kapasitor banyak digunakan pada peralatan elektronika seperti pada lampu kilat kamera, cadangan energi pada komputer saat listrik mati, pelindung sistem RAM pada komputer dll.
Pada dasarnya, kapasitor terdiri atas sepasang pelat konduktor sejajar dengan luas A yang dipisahkan oleh jarak dyang kecil. Dua konduktor tersebut dipisahkan oleh suatu bahan isolator yang disebut bahan dielektrik.
Saat kapasitor diberi tegangan, kapsitor akan menjadi bermuatan. Satu pelat menjadi bermuatan positif dan pelat yang lainnya bermuatan negatif. Jumlah masing-masing muatan pada kedua pelat tersebut sama. Jumlah muatan Qyang terdapat pada muatan sebanding dengan beda potensial sesuai dengan persamaan : Q= CV. Dengan C menunjukkan kapasitansi kapasitor. Kapasitansi kapasitor adalah kemampuan kapasitor untuk menyimpan energi listrik.
Kapasitansi tidak bergantung pada Q dan V. Nilainya hanya bergantung pada struktur dan dimensi kapasitor sendiri. Jadi C dapat ditulis dalam persamaan C=permitivitas hampa udara dikalikan A/d.

0 komentar:

Post a Comment

 

Viva Indonesiaku © 2010 Welcome To My Blog
This Template design by amfol17